Head

Breaking News

Ukalahin: Negeri di Atas Awan Diantara Kabupaten Buru dan Buru Selatan, Maluku

Dusun Ukalahin di Pegunungan Kagapil, Pulau Buru, Maluku
Maluku tidak selalu terkenal dengan keindahan pantai dan lautnya, perbukitannya juga mempunyai pesona yang tidak kalah cantik.

Di Pulau Buru, tepatnya di Kecamatan Lolongguba, Kabupaten Buru, Maluku terkenal dengan jejeran perbukitan yang menghiasi sepanjang mata memandang.

Mengintip Proses Bertelur Penyu dan Menetas Tukik di Desa Kayeli, Pulau Buru, Maluku

Tepat di sekitaran perbatasan antara 2 kabupaten di Pulau Buru ada sebuah dusun kecil bernama Ukalahin, poisinya besebelahan dengan Desa Modenmohe yang menjadi salah satu desa dipuncak bukit.

Kami kesini diajak oleh salah satu rekan kami yang dulunya menjadi Guru disana, dirinya tinggal di daerah Unit dan setiap harinya harus bolak balik dengan motor turun naik bukit untuk mengajar.

Ukalahin sendiri berjarak kurang lebih 2-3 jam ditempung dari ibukota Kabupaten Buru: Namlea dengan menggunakan mobil ataupun motor.

Pulau Rozengain atau Pulau Hatta, Kepulauan Banda: Surga Bagi Pecandu Wisata Bahari

Untuk mencapai ke sana kita akan diajak naik turun bukit dan sesekali melewait jembatan yang menghubungkan sungai besar di Pulau Buru. Untungnya akses jalan menuju kesana cukup baik.

Dusun Ukalahin sendiri didiami oleh kurang lebih 450 jiwa dan mayoritas merupakan orang asli Pulau Buru.

Pertama kali bertemu dengan warga lokal disana agak sedikit deg-degan, bagaimana tidak. Masyarakat disana selalu membawa tombak ataupun parang kemanapun (khusunya kaum laki-laki)

Namun setelah diajak bicara dan berbaur dengan mereka, mereka juga baik dan ramah kepada kami.

Sebagian besar mata pencaharian warga Ukalahin adalah berkebun atau bercocok tanam.

Melihat Ratusan Kerbau di Pulau Moa, Maluku Barat Daya

Kabut Pagi di Sekitar Pegunungan Dusun Ukalahin, Pulau Buru

Transportasi menjadi masalah utama bagi warga disana, mereka kesulitan untuk menjual hasil kebun atau pun berpergian ke desa desa setempat.

Warga hanya mengandalkan motor, itupun bagi yang mampu, kendaraan umum tidak ada sama sekali walau lokasi berada tepat di jalan provinsi yang menghubungkan kabupaten Buru dan Buru Selatan.

Dibalik itu semua Ukalahin memiliki pesona yang sangat indah, perbukitan disekitar dusun sangat memanjakan mata.

Wajib dikunjungi, Ini Pulau-Pulau Cantik di Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku

Di pagi hari kabut akan menyambut kita sekan mengucapkan selamat pagi dan sekitar perbukitan ada sungai sungai besar dengan air yang jernih bisa menjadi pilihan lain untuk berwisata.



Tidak ada komentar