Head

Breaking News

Jazirah Hatawano, Pulau Saparua, Maluku Tengah (Lost in Ride part IV)

Senja dari dermaga Negeri Tuhaha
Lanjut hari ketiga, tujuan kali ini Jazirah Hatawano bagian utara pulau Saparua. Jazirah Hatawano terdapat Negeri Tuhaha, Mahu, Iha, Ihamahu, Noloth dan Itawaka. Jarak menuju negeri Itawaka sebagai negeri yang paling ujung tidak jauh beda dengan jarak menuju negeri Ouw, negeri yang paling ujung di Jazirah tenggara pulau Saparua. Dengan menggunakan kendaraan darat sekitar 30menit kita sudah sampai disana.

Yang disayangkan adalah akses jalan menuju ke sana. Sepanjang jalan banyak sekali lubang lubang yang cukup berbahaya khususnya untuk para pengendara motor. Kami yang membawa motor kami masing masing sangat berhati hati (antara sayang sama motor atau takut jatuh) haha. Tapi tidak usah khawatir untuk masalah transportasi menuju kesana, karena setiap negeri disana sudah mempunyai angkutannya masing masing berupa minibus.

Bagi anda yang penggila atau sangat tertarik mengenai sejarah atau budaya. Negeri negri di saparua ini mempunyai cerita sejarah dan budaya yang sangat luar biasa. Mulai dari aksi heroik perjuang Pattimura dan kawan kawan hingga sejarah tiap tiap negeri atau tradisi tradisi yang sakral di setiap negeri.

Setelah dari Jazirah Hatawano sorenya kami menuju ke Paperu untuk menikmati senja. Awalnya perjalanan lancar lancar saja, kami sempat singgah sebentar di tugu strategi perjuangan Pattimura di negeri Tiouw. Sesudah membaca sejarahnya, kami bergegas menuju negeri Paperu dan ternyata salah satu ban motor kami pecah dan harus cari bengkel di Saparua.
Sirna sudah rencana untuk menikmati senja, tapi ya sudahlah yang penting rame rame. Haha
Sisa sisa Negeri Iha
Ujung Negeri Itawaka
Negeri Itawaka
Gapura Negeri Itawaka
Baileo Negeri Noloth
Gereja Negeri Noloth
Negeri Ihamahu
Baileo Negeri Ihamahua
Gereja Negeri Ihamahu
Baileo Negeri Tuhaha
  

Tugu Strategi Perjuangan Pattimura negeri Tiouw
Langit sore Saparua
 Bersambung..... :)

Tidak ada komentar