Head

Breaking News

Pulau Rozengain atau Pulau Hatta, Kepulauan Banda: Surga Bagi Pecandu Wisata Bahari

Pesisir Pantai Pulau Hatta, Banda, Maluku Tengah
Berbicara soal Kepulauan Banda di Maluku Tengah, tidak lengkap kalau tidak membahas pulau yang satu ini. Adalah Pulau Rozengain atau yang lebih dikenal dengan nama Pulau Hatta.

Sebelumnya saya pernah menulis di blog ini juga tentang Pulau Hatta ini pada 2015 silam. Saat itu pulau ini masih belum terkenal seperti sekarang.

Pesisir pantai pulau ini masih sepi dari penginapan penginapan yang dibangun warga seperti saat ini. Sekarang sudah berjejer penginapan penginapan yang dibuat warga di sepanjang pesisir pantai.

Salah satu penginapan yang dulunya saya datang pas dibangun adalah milik Aba Ali yang sampai sekarang masih ada.

Cantiknya Danau Sole: Danau Air Asin Berwarna Biru Tosca di Tengah Hutan di Seram Timur, Maluku

Pulau Hatta sendiri lokasinya cukup jauh dari Pulau Naira ibukota kecamatan di Banda. Untuk menjangkaunya bisa menggunkan pok-pok (transportasi laut lokal) dengan jarak tempuh 1-2 jam.

Di Pulau Hatta sendiri terdapat kampung Lama dan Kampung Baru, dimana kampung baru merupakan kawasan sekarang yang menjadi pusat daerah wisata dengan peisir pantai pasir putih dan tempat untuk snorkeling.

Santai di depan Penginapan Aba Ali di Pulau Hatta

Sedangkan Kampung Lama adalah pemukiman warga disana yang berjarak kurang lebih 1 km dari kampung baru.

Selain pariwisata, warga lokal disana mengantungkan hidupnya dengan pertanian Pala khas Banda dan ada juga mereka yang melaut.

Cerita Dibalik Keramba Cinta, Taha Bachmid: Kehancuran yang Paling Besar Ketika Manusia Tidak Mempunyai Cinta

Untuk daerah yang lokasinya cukup jauh dari pusat kecamatan Penduduk Pulau Hatta sendiri terlihat lumayan maju, terlihat dari rumah rumah warga yang bagus dan besar.

Akses komunikasi sendiri masih cukup sulit, kadang signal ada kadang juga hilang. Namun dibanding tahun 2015 silam sekarang cukup baik. Sama halnya dengan listrik, sekarang listrik di Pulau Hatta sudah masuk walaupun tidak 24 jam dan kadang terjadi pemadaman.

Geliat pariwisata di Pulau ini sangat nampak, hampir setiap minggunya para wisatawan pasti ada dan didominasi oleh wisatawan asing.

Indahnya Pulau Bair, Desa Dullah Laut, Kota Tual, Maluku

Pesona pulau ini adalah bawah lautnya, bagi pencinta snorkeling dan diving Pulau ini surganya.

Bawah Laut Pulau Hatta

Sekitar 5 meter dari bibir pantai, kita sudah dapat menikmati cantiknya terumbu karang dengan air laut yang sangat jernih. Kalau nyali anda bagus, anda bisa langsung freedive di tebing sekitar pantai.

Untuk penginapan sendiri rata rata harganya berkisar 300 ribu sampai 400 ribu per malam.



Tidak ada komentar