Head

Breaking News

Pulau Hatta, Banda Naira, Maluku

Pesisir pantai Pulau Hatta, Banda Naira
Pulau Hatta merupakan salah satu gugusan pulau pulau di kepualauan Banda, Maluku Tengah. Nama pulau ini sendiri diambil dari salah satu proklamator kita yaitu Mohammad Hatta yang pernah di asingkan di Banda Naira pada masa kolonial Belanda. Senelumnya pulau ini bernama pulau Rozengain.

Jarak pulau Hatta dari Banda Naira sekitar 2-3 jam menggunakan kapal kayu. Sepanjang perjalanan kita akan dimanjakan oleh pemandangan lanskap lanskap luar biasa pulau pulau di Banda dan jika beruntung kita juga dapat melihat lumba lumba yang berenang di sisi perahu yang kita tumpangi.

Harga sewa kapal untuk menuju pulau Hatta bisa dibilang cukup menguras kantong yakni sekitar 400-600 ribu rupiah sekali jalan. Tapi sekarang sudah ada kapal penumpang yang biasa membawa para warga pulau Hatta pulang balik ke Banda Naira. Dengan harga sekitar 100ribu kita sudah bisa sampai ke pulau Hatta, namun anda akan berdesak desakan dengan penumpang penumpang yang lainnya serta barang barang bawaan mereka. 

Pulau Hatta sendiri menjadi primadona bagi para wisatawan yang memang khusus datang untuk menikmati bawah laut seperti snorkeling dan diving. Pulau berpasir putih ini memang mempunyai pesona yang sangat menarik. Air lautnya yang jernih memanjakan mata yang bisa langsung melihat terumbu karang dan coral coral yang cantik dari atas permukaan laut. Dipulau ini juga sudah mempunya homestay untuk para turis milik pak Sofyan dan pak Ceisar yang juga punya dive center.

Di pulau Hatta terdapat dua kampung yaitu kampung Baru dan kampung Lama, kedua kampung ini berdekatan. Mata pencarian utama penduduk setempat adalah nelayan dan juga berkebun Pala.

Sayangnya di pulau Hatta ini belum ada yang namanya listrik, setiap malam itu penduduk sekitar hanya memanfaatkan penerangan dari tenaga surya yang diisi di aki pada siang hari. Agak miris kan? Tempat keren yang potensinya luar biasa untuk menarik para wisatawan asing atau lokal tapi failitasnya sangat minim. Ada satu lagi kekurangan di pulau ini, dimana para penduduknya yang tidak bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris seringkali  membuat para turis asing susah mencari informasi tentang pulau ini.
Bunga Pala
Kupas Biji Pala
Buah Pala untuk dijadikan manisan Pala
Papan larangan di pulau Hatta
Pantai pulau Hatta dengan backgroud pulau Banda besar
Pesisir pulau Hatta
SMP di Pulau Hatta
Kampong Baru, Pulau Hatta
Bakar kepala ikan di Pulau Hatta
Snorkeling di pulau Hatta
Bawah Laut pulau Hatta


Tidak ada komentar