Head

Breaking News

Mistical Goa Hawang, Desa Letvuan, Maluku Tenggara

Goa Hawang, Desa Letvuan, Maluku Tenggara
Tidak jauh dari desa Evu, kami kembali mampir di desa Letvuan yang bersebelahan dengan desa Evu. Nah di desa Letvuan ini terkenal dengan Goa Hawang, itu loh goa yang ainya biru bingits. Haha. Setelah bertanya tanya disekitar desa Letvuan dimana letak ini goa akhirnya kami samai juga. Letaknya tidak berada di pinggir jalan jadi agak bingung juga waktu nyari ini tempat, di jalan juga kaga ada papa informasi atau setidaknya tulis di depan jalan masuk ke dalam Goa.

Sekitar 15-20 meter dari jalan utama kami mulai menyisir hutan menuju goa, kendaraan udah bisa masuk tapi tidak bisa sampai di dekat Goa. 3/4 perjalanan masuk menuju goa, kami pun memarkir kendaraan di sekitar. Jalan menuju go ini pun terbilang baru dibuat, tampak beberapa phon baru saja ditebang untuk membuat akses menuju goa. Waktu itu tidak dipungut biaya masuk, orang yang jaga juga kaga ada soalnya. 

Satu kata pertama yang muncul ketika sampai di Goa Hawang; WOW!!!. Memang bener air goanya tambak mempesona dengan warna biru tua yang sangat menggoda. Jadi pengen cepat cepat nyebur. Haha. Waktu itu cukup ramai, sudah ada rombongan yang datang sebelum kami jadi kami tunggu dulu mereka selesai baru kita nyebur. Soalnya kalo terlalu banya yang nyebur di dalam goa air nya bakal sedikit kabur dan menggangu visibility dalam air.

Kondisi goa ini cukup baik, stalaktit dan stalakmit di goa pun masih dalam keadaan baik, tidak terlalu banyak sampah berserakan. Mungkin fasilitas ruang/kamar untuk mengganti pakaian harus disediakan sehingga para pengunjung tidak repot lari kehutan hanya untuk mengganti pakaian.

Ya dengan potensi yang sangat keren ini pasti kedepan akan banyak para wisatawan ang akan datang berkunjung ke Goa Hawang ini jika dikelola dengan baik. Kesan mistis dan seram cukup terasa didalam goa ini jika sepi. Bahkan kami yang hanya 2 orang cukup merinding untuk duduk santai disekitar goa apalagi nyebur.

Airnya sejuk dan lumayan dingin, kita juga bisa berenang ditemani dengan ikan ikan air tawar kecil kecil yang hidup di dalam goa bahakan ada juga belut. 

Tips; Usahakan kalo datang ke Goa Hawang ini di siang hari diatas jam 2. Karena pada saat itu matahari akan menghadap ke mulut goa, dan saat berenang kita bisa melihat cahaya matahari yang menembus dalam air goa yang warna biru sehingga kesan luar biasa akan muncul. hehe
Jalan memasuki Goa Hawang
Dinding mulut Goa Hawang
Santai sebelum nyebur
Si William yg snorkeling dalam Goa Hawang
Sumpah, kalo sepi agak meinding
Goa Hawang dari atas

Video perjalanan kami di Tual-Maluku Tenggara:

Tidak ada komentar