Head

Breaking News

AIR ASINAHU; Sungai Keramik di Negeri Sawai, Pulau Seram, Maluku

Air Asinahu, Sawai, Seram Utara, Maluku
Maluku memang tidak ada habisnya soal keindahan alam juga keunikannya tersendiri. Salah satu keunikan yang ada di Maluku adalah Air Asinahu di Negeri Sawai, Pulau Seram, Maluku.

Air Asinahu sendiri merupakan sebuah mata air yang keluar dari dalam batu dan mengalir di dalam Negeri Sawai dan bermuara ke laut.


Yang menariknya adalah setiap tepi pada kolam mata air ini dilapisi keramik berwarna biru muda.

Aktifitas mandi dan cuci oleh warga setempat setiap harinya menghiasi kolam Air Asinahu yang berada di Kabupaten Maluku Tengah ini.

Konon Mata Air Asinahu ini sudah ada sejak lama dan untuk keramik yang ada merupakan inisiatif dari warga lokal agar kolam ini terlihat bersih dan terawat.

Kolam Air Asinahu sendiri dijadikan warga lokal untuk aktifitas mandi dan mencuci, ada juga yang mengambil air minum dari sini.


Untuk pemandian berada pada bagian inti kolam dekat dengan mata air, sedangkan aktifitas mencuci berada dibagian bawah kolam. Setiap harinya anak-anak, pemuda, orang tua selalu saja berdatangan di kolam yang unik ini.
Foto Udara Kolam Air Asinahu, Negeri Sawai
Dikala air laut sedang pasang, volume Air Asinahu ini juga semakin banyak dan akan terasa sedikit asin, sebaliknya jika air laut surut volume Air Asinahu menjadi sedikit.


Seperti halnya mata air pada umumnya, Air Asinahu sangat jernih dan dingin. Apabila kita mandi di pagi atau sore hari akan lebih terasa dinginnya air ini. Sangat direkomendasikan untuk berenang di dalam kolam ini pada siang hari, akan sangat sejuk rasanya.
Negeri Sawai sendiri merupakan salah satu negeri Adat yang ada di Pulau Seram, Maluku. Secara administrasi, Negeri Sawai Maluku ke Kabupaten Maluku Tengah.

Untuk mencapai Negeri ini dapat menggunakan kendaraan darat dari kota Masohi ibukota Kabupaten Maluku Tengah dengan estimasi waktu sekitar 4-6 jam.

Ini video keseruannya:


Tidak ada komentar