Head

Breaking News

Piala Dunia U20 Indonesia BATAL; Bagaimana Masa Depan Sepakbola Ibu Pertiwi?

Tangkapan layar laman resmi FIFA

29 Maret 2023, FIFA melalui laman resminya resminya mencabut Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaran turnamen Piala Dunia dibawah 20 tahun.

Keputusan tersebut merupakan imbas berbagi penolakan Timnas U20 Israel sebagai finalis. Penolakan yang paling disoroti adalah dari 2 tokoh publik tanah air yakni Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Walaupun Eric Thohir sebagai ketua umum PSSI telah bertemu dan malaksanakan negosiasi dengan FIFA namun keputusan tersebut tidak berubah.

Kepada media Erick menyatakan telah berusaha keras dan meminta seluruh pecinta sepakbola Indonesia untuk tegar menerima keputusan tersebut.

Sebelumnya salah satu punggawa Timnas U20 Indonesia, Hokky Caraka sempat mengeluarkan kegelisannya terkait polemik yang terjadi.

"Berjuang untuk kemerdekaan Negara lain, namun kalian hancurkan mimpi anak-anak bangsa ini" tulis Hokky

Masjid Paling Tua di Maluku, Bagunannya Tidak Pakai Paku

Selain mencabut Indonesia sebagai tuan rumah, dalam keterangnya FIFA juga tidak menutup kemungkinan untuk menjatuhkan sanksi kepada Indonesia.

Dan kalau itu terjadi Indonesia bisa saja dilarang untuk mengikuti segala kompetisi di bawah FIFA dan yang terburuk sepakbola Indonesia bisa dibekukan.

Dampaknya adalah Kompetisi disetop, pemain semua menganggur dan tentunya perekonomian tidak berjalan dan banyak orang akan kehilangan mata pencahariannya.

Indonesia sendiri ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2019, ada enam stadion yang sudah disiapkan.

Timnas Israel sendiri baru lolos kualifikasi pada bulan Juli tahun 2022.

Yang dipertanyakan adalah, kenapa baru sekarang diributkan? Apakah ada permainan para elite di belakang semua ini?

Presiden Jokowi juga sudah mengeluarkan peryataan tegas tidak boleh mencampuri olahraga dengan politik.

Namun inilah Indonesia! Sepakbola kita mau maju? Ya..begitulah

Tidak ada komentar