Head

Breaking News

Pulau Kisar Part I; Pesona Pulau Karang di Maluku Barat Daya

Lanskap pulau Kisar dari atas bukit di Desa Oirata
Pulau kisar terletak di kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar di indonesia. Pulau ini berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Kesan pertama sebelum menginjakkan kaki di pulau Kisar adalah Heran. Bagaimana tidak, sepanjang mata memandang dari atas kapal pulau ini seperti tidak ada penghuninya. Cuma ada bukit bukit karang di sepanjang pesisir pulau kisar dan di pelauhannya pun hanya ada beberapa rumah dan toko saja. Kalo dihitung mungkin jumlahnya tidak sampai 10 bangunan. Agak Seram juga sih, hehe

Well, setelah nanya nanya sama teman yang kebetulan orang Kisar asli akhirnya rasa penasaran pemukiman warga pun terjawab. Katanya; Pulau Kisar ini bentuknya seperti Wajan/Kuali/Penggorengan. Jadi perkampungan atau pemukiman warga itu berada di bagian tengah pulau dan di sekeliling pulau itu merupakan tebing dan bukit bukit batu karang. Pantaslah...

Sesampainya di pulau Kisar, panas terik pun menyambut kami. Tapi tak apa, karena pemandangan pulau kisar bagaikan penyejuk. Sepanjang jalan mata disuguhi pemandangan yang keren, lanskap bukit karang, perkebunan jagung, pohon pohon 'koli (Tumbuhan sejenis palm untuk pembuatan Sageru/Tuak minuman tradisional Maluku) dan pohon kelapa.

Mayoritas masyarakat di pulau ini mempunyai mata pencarian sebagai petani. Setiap rumah pasti ada kebun di sekitarnya, sehingga di setiap desa di sini rumah penduduknya letaknya terpisah dengan jarak yang lumayan jauh. Jarak antara rumah satu dan lainnya sekitar 10-20 meter.
Kebun sekita rumah penduduk
Pohon Koli dan Kelapa di Pulau Kisar
Rumah penduduk yang letaknya berjauh jauhan
Jagung merupakan komoditi utama di pulau ini, itu mengapa disepanjang perjalanan di pulau ini anda akan melihat banyak sekali kebun yang penuh dengan tanaman jagung. Selain jagung, ada juga kacang kacangan seperti kacang tanah, kacang merah, kacang Ijo dll.  Pulau kisar juga terkenal dengan jeruk atau biasa dikenal dengan nama lemon kisar.
Selain perkebunan, masyarakat pulau kisar juga banyak mempunyai hewan ternak seperti; kambing, domba, kuda, babi, kerbau. 
Sampai disini dulu, berhubung udah ngantuk cerita soal pulau kisar bakal dipost berikutnya. hehe. Berikut foto dari atas bukit di desa Oirata Timur, desa dimana kami tinggal selama di pulau Kisar.
Menunggu Sunrise
Lanskap bukit bukit pulau kisar
View dari atas bukit Oirata
Hewan ternak; Kambing milik penduduk sekitar

Tidak ada komentar