Head

Breaking News

Pulau Pombo, Maluku Tengah

Pasir Putih Pulau Pombo
Pulau Pombo merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni. Pulau Pombo terletak di kabupaten Maluku Tengah. Untuk mencapai pulau ini, kita harus menggunakan transportasi laut dari negeri/desa Tulehu. Untuk sewa speed boat bisa dibilang cukup mahal sih, mungkin efek kenaikan BBM kali yah. Haha

Tarif yang dipatok oleh bapak yang empunya speed boat untuk tarif pulang pergi ke pulau pombo adalah 600ribu rupiah. Jreeeeengg....sontak saja, sebagian dari kami kaget, karena awalnya kami mengira kalo ongkosnya cuma 300ribuan tapi ternyata dua kali lipat coyy. Setelah sedikit negosiasi/tawar menawar sama sibapak akhirnya deal dengan 500ribu.

Setelah deal, langsung kita menuju speed boat yang akan mengantar kita ke pulau Pombo. Speed Boat dengan 3 mesin itu pun siap dan melaju menuju ke pulau. Perjalanan sekitar 20-30 menit.
Untuk tempat wisata, pulau Pombo sangat menjanjikan, dengan pasir putihnya disekeliling pesisir pulau dan air lautnya yang jernih. Untuk mereka yang punya jiwa adventure sejati, pulau ini bisa dijadikan tempat cocok uantuk mereka, dengan camping atau bermalam disini, cuma harus punya pesediaan air tawar yang banyak yah soalnya di pulau ini tidak ada sumber air tawarnya.

Apabila bermalam disini kita dapat menikmati suasana Sunrise dari balik pulau Seram dan Sunset dari balik pulau Ambon. Jangan lupa juga buat bawa alat tangkap ikan, buat modal makan malam dengan api unggun coy. hehe..

Ada yang disayangkan dari pulau ini, dengan keindahan panorama pantai dan alam yang indah. Layaknya pulau tak berpenghuni ada beberapa sudut di pulau ini yang dipenuhi sampah. Bisa dibilang sampah sampah tersebut dibawah arus ombak dari pulau Ambon. Dengan adanya sampah sampah ini kita tahu kalo kesadaran masyarakat kita saat ini masih belum baik dengan membuang sampah kelaut.

Dengan potensi yang ada di pulau ini sangat disayangkan bahwa belum ada investor atau kesadaran pihak pihak yang lain untuk mengelola pulau ini. Saya percaya kalo pulau ini dikelola dengan baik dan dijadikan tempat wisata, akan sangat menguntungkan untuk maluku dan warga maluku khusunya yang disekitar pulau. Contoh kongkritnya seperti Pulau Molana yang berada di Saparua, sudah di kelola dan menjadi tujuan wisata lokal maupun asing

Semoga ada pihak pihak yang terbuka matanya akan potensi wisata di pulau ini.
Menuju Pulau Pombo
Pulau Pombo

Pesisir sebelah Barat pulau Pombo
Pesisir Sebelah Timur Pulau Pombo
Hamparan Pasir Putih Pulau Pombo

Pohon tumbang di pesisir pulau Pombo
Pepohonan di Pulau Pombo
Sampah sampah yang berserakan di sekitar Pulau Pombo
Menunggu Sunset
Sunset dari pulau Pombo


Tidak ada komentar