Head

Breaking News

Pesona Air Terjun di Negeri Waai, Maluku Tengah

Air Terjun negeri Waai

Negeri/Desa Waai terletak di kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Negeri Waai berada tepat diantara Negeri Tulehu dan Negeri Liang. Untuk para wisatawan, Negeri Waai dikenal dengan wisata kolam Morea/Belut raksasa yang menjadi daya tarik para wisatawan.

Tapi baru baru ini ada yang satu lagi tempat wisata yang booming di negeri Waai; yaitu Air Terjun. Air Terjun ini berada di kaki gunung Salahutu dan jaraknya lumayan jauh dari Desa. Sebenarnya Air Terjun ini sudah lama menjadi tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun asing. Namun jaraknya yang cukup jauh dan sangat terjal (turun naik bukit) membuat kebanyakan orang jarang kesana.

Menyadari potensi luar biasa akan tempat ini untuk dijadikan tempat wisata, masyarakat negeri Waai yang diwakili raja/kepala desa Waai pun sepakat untuk mebuat terobosan besar dengan langkah membuat ulang akses jalan untuk menuju Air terjun tersebut.

Pada tahun tahun yang lalu jalan menuju air terjun ini hanyalah jalan setapak yang hanya bisa diakses dengan jalan kaki saja. Tapi tahun ini sejumlah alat berat (eksavator n truk truk) lalu lalang disana untuk membuka jalan menuju air terjun. Dan sekarang sepeda motor dan mobil pun sudah bisa mencapai air terjun negeri Waai. Jalan ini masih dalam proses pembuatan sehingga pada siang hari sangat berdebu untuk menuju kesana. Salah satu warga desa disana mengatakan bahwa masyarakat disana rela dusun/lahan perkebunan mereka sedikit terkuras demi pembuatan jalan itu. Rencananya jalan ini akan diaspal supaya mudah untuk akses para wisatawan.

Apa yang unik dengan air terjun ini? Menurut warga sekitar; air terjun ini memiliki tiga tingkat. Air terjun yang pertama mempunyai tinggi sekitar tiga meter dan diatas air terjun itu terbentuk seoerti goa untuk menuju air terjun yang kedua. Air terjun yang kedua katanya lebih tinggi dari air terjun yang pertama. Air terjun yang ketiga menjadi yang paling sulit untuk dicapai. Air terjun yang ketiga berada di belakang air terjun yang kedua. Sehingga untuk menuju kesana kita harus mendaki melewati air terjun yang kedua.

Fasilitas seperti tempat duduk dan toilet belum tersedia disana. Ada beberapa penjual gorengan di sekitar air terjun yang merupan warga negeri waai. Mungkin nanti setelah akses jalan menuju air terjun ini sudah selesai aka nada fasilitas fasilitas dan para penjaja jualan yang meramaikan tempat ini. Jadi untuk sementara ini kalo mau kesana jangan bawa bekal soalnya yang jualan disana juga belum tentu ada. Dan kalo ada juga pasti di hari libur/weekend.

Siang hari adalah waktu yang lebih tepat untuk mandi dan bermain air di Air terjun ini karena suhu air ini sangat dingin. Baru berenang 30 menit saja sudah gemetar, hehe. Kalau anda ingin menguji adrenalin anda, anda bisa naik ke tebing sekeliling air terjun dan melompat dari atasnya. Walaupun ukuran kolamnya tidak terlalu besar tapi kolam di bawah air terjun ini cukup dalam jadi cukup aman untuk melompat dari atas tebing.

Jadi kalo ke Ambon khususnya ke negeri Waai, jagan lupa mampir di air terjun ini ya…
Menuju Air Terjun
Jalan yang masih dalam proses pengerjaan
Seorang ibu yang sedang berjualan di pinggir jalan
Salah satu pengendara motocross yang sedang mencoba jalan baru menuju air terjun
View dari atas bukit Waai
LandscapeNegeri Suli dari atas bukit
Senyuman dari anak anak negeri Waai
Suasana di sungai bagian hilir air terjun
Keramaian air terjun waktu weekend
Anak anak pengunjung air terjun
Ramai sekali pada weekend :)
Hutan sekitar air terjun yang masih alami
 ini videonya :)

Tidak ada komentar