Head

Breaking News

Tempat Tempat Yang Wajib dikunjungi Kalau Ke Kepulauan Kei Kecil, Maluku

Jembatan Watdek yang menghubungkan kota Tual dan kabupaten Malra
Maluku, mungkin anda pernah mendengar kata itu. Salah satu provinsi di timur Indonesia ini memang cukup familiar untuk orang indonesia. Provinsi yang beribukota Ambon ini memang cukup dikenal banyak orang; mulai dari yang katanya kebanyakan orang Maluku itu kasar/jahat, kejadian masa lalu di tahun 1999 dan juga banyak dikenal dengan daerah wisata budaya dan bahari yang sangat kaya.

Well...kita fokus ke kalimat yang terakhir saja ya (kaya akan wisata alam dan budaya). Sebagai provinsi dengan daerah kepulauan di indonesia, Maluku memiliki ratusan mungkin ribuan gugusan pulau pulau kecil. Salah satunya adalah kepulaun Kei yang berada di bagian tenggara provinsi ini.

Kata "Kei" mungkin cukup familiar untuk sebagia orang khususnya yang tinggal di daera ibukota Jakarta. Haha..tapi ini bukan soal Jhon Kei dkk loh. Ini soal tempat asalnya kaka Jhon Kei itu yaitu kepulauan Kei.

Kepulauan Kei sendiri terbagi atas 2 yaitu Kei kecil dan Kei besar. Kei kecil merupakan daerah kepulauan dengan pulau pulau kecil sedangkan kei besar merupakan pulau terbesar di Maluku Tenggara. Kei besar sendiri tidak kalah bagusnya dengan kei kecil namun berhubung saya belum sempat ke sana jadi kita fokus ke Kei kecil saja dulu. hehe. Mudah mudahan segera saya bisa berkunjung kesana.

Dulu Kepulauan Kei ini lebih dikenal sebagai Kabupaten Maluku Tenggara dengan ibkotanya Tual. Namun pada pada tahu 2007 yang lalu kota Tual mulai memisahkan diri dari kabupaten Maluku Tenggara kemudian menjadi Kotamadya. Kini Kepulauan Kei terdiri dari Kotamadya Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara yang beribukotakan Langgur. Dua daerah ini hanya dipisahkan oleh sebuah jembatan yang bernama Watdek atau Usdek yang menghubungkan antara kota Tual dan kota Langgur.

Untuk soal pariwisata, saya rasa Kepulauan Kei menjadi daerah yang cukup lengkap. Apalagi untuk kategori wisata bahari, kepulauan Kei bisa disebut rajanya.

Berikut beberapa tepat di kepulauan Kei yang wajib dikunjungi khusunya bagi para wisatawan;
  1. Pantai Pasir Panjang atau Ngurbloat. Untuk pantai yang satu ini memang tidak terbantahkan lagi keindahannya.Pesisir pantai yang memiliki ukuran yang sangat panjang dengan tekstur pasir yang  sangat halus seperti tepung dan air lautnya yang sangat jernih. Sebenarnya mengapa sampai pantai ini memiliki pesisir yang sangat panjang, itu karena pantai ini terdiri dari dua pantai yaitu Pantai Ngurbloat dan Pantai Ngursawain yang bersebelahan.
    Pantai Ngurbloat dan Ngursawain
  2. Ohoiew Island. Pulau Ohoiew terletak di desa Ngilngof, Maluku Tenggara. Jaraknya cukup dekat dan dapat dijangkau menggunakan speed boat dengan waktu sekitar 15 menit dari desa Ngilngof atau Pantai Ngurbloat. Di pulau ini terdapat sebuah resort yang dapa di sewa pengunjung untuk meningap. Namanya Ohoiew Country Club. Pulau ini juga memiliki pasir putih di pesisir pantainya dan cukup bagus untuk kegiatan snorkeling.
    Resort Ohoiew Country Club
  3. Pulau Bair. Pulau Bair terletak di bagian barat kota Tual, tepatnya di desa Dullah Laut. Dengan waktu sekitar 40 menit menggunakan speed boat dari desa Dullah Darat. Pulau Bair merupakan gugusan pulau pulau karang kecil. Dibagian tengah pulau bair terdapat laguna dengan air lautnya yang berwarna biru tosca yang sangat menggoda.
    Tebing batu karang di sekitar pulau Bair
  4. Pantai Ngurtravur. Pantai ini juga sering disebut dengan nama snake island karena bentunya seperti ular juka dilihat dari udara. Panjangnya sekitar 2 kilometer dengan pasir putih dan air laut yang jernih di sisi kanan dan kiri. Pada bulan bulan tertentu kita juga bisa menjumpai burung burung pelikan yang migrasi dari australia di sini. Jarak Pantai ini cukup jauh, kita dapat menggunakan transportasi laut dari desa Debut deng estimasi waktu sekitar 1-2 jam.
    Sumber foto: Google
  5. Goa Hawang. Goa ini terletak di desa Letvuan. Sekilas goa ini mempunyai kesan mistis saat pertama kali datang kesana apalagi kalo waktu sunyi. Yang spesial dari goa ini adalah air di dalam goanya yang berwarna biru tua dan sangat mempesona.
    Goa Hawang
  6. Kolam Pemandian desa Evu. Kolam letaknya tidak terlalu jauh dari desa Letvuan. Tempat ini seringkali menjadi salah satu tempat tujuan wisata para warga sekitar khususnya untuk wisata air tawar. Kolam ini cukup luas dan dalam dan yang pasti airnya jernih. Kolam ini juga merupakan salah satu sumber air bersih untuk warga sekitar.
    Kolam Pemandian desa Evu
  7. Ohoi Disuk. Ohoi Disuk merupakan salah satu sebuah desa di kabupaten Maluku Tenggara. Desa ini terkenal dengan panorama alamnya dan wisata religi dimana terdapat patung bunda Maria.
    Ohoi Disuk
  8. Batu Kapal. Batu Kapal terletak di desa Sathean. Jarak desa ini cukup dekat dengan bandara Langgur. Batu kapal merupakan pulau batu karang yang berada di dalam teluk desa sathean. Air laut di sekitar batu kapal sangat jernih dan berwarna biru tosca. Untuk menikmati panorama batu kapal ini kita bisa bersantai di lumba lumba cafe di sekitar batu kapal atau juga bisa berperahu ria mengelilingi batu kapal.
    View batu kapal dari lumba lumba cafe
  9. Taman Kota Tual. Sebagai kota yang masih terbilang baru, kota Tual memang sudah berbenah dengan tata kota yang di buat rapi dan bersih. Salah satu yang menarik adalah banyaknya ruang hijau yang diciptakan di sekitar kota. Salah satunya taman yang berada tepat di depan kantor walikota Tual. Kondisi taman ini terlihat asri dan sangat nyaman dan sangat cocok untuk tempat santai di tengah kota.
    Tugu perjuangan di depan taman
  10. Rumah Kopi Saraba. Nah kalo yang satu ini ga boleh terlewatkan. Letaknya berada di Langgur dan berdekatan dengan jembatan watdek. Ini nih salah satu tempat nongkrong di sana. Aneka macam makanan dan miuman tersedia disini. Berbentuk rumah panggung rumah kopi ini juga menyediakan keramba ikan yang berada tepat di tengah, para pengunjung yang ingin makan ikan segar pun bisa langsung memilih ikan. Sore kita bisa menikmati sunset dari sini.
    Keramba ikan di bagian tengah rumah kopi Saraba



Tidak ada komentar