Head

Breaking News

Tips Menuju Pulau Saparua, Maluku Tengah

Pulau Ambon dan Pulau Pulau Lease


Seperti pulau pulau lain di provinsi Maluku, Pulau Saparua sendiri merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi wisatan lokal maupun luar. Mulai dari wisata Bahari, Alam, Budaya dan Sejarah.Contohnya seperti; Benteng peninggalan kolonial Belanda di Saparua: Benteng duurstede, Goa Tujuh Putri yang terletak di Negeri Kulur, Pulau Molana di Negeri Haria, Pantai Kulur, dan lain lain.
Pelabuhan fery, Negeri Kulur
Pelabuhan Negeri Haria
Untuk menuju pulau saparua ada beberapa opsi yang kira kira mungkin menjadi pertimbangan anda, antara lain:
  1. Mengunakan kapal penyebrangan Fery dari Pelabuhan Negeri Waai ke Pelabuhan Kulur (lihat peta; Garis Merah). Jalur ini sangat direkomendasi kalo memang tujuan kita adalah pantai Kulur dan membawa kendaraan sendiri. Dari atas Fery kita dapat menikmati keindahan pantai kulur yang airnya berwarna biru muda yang mempesona mata. Tiket fery dari waai menuju kulur adalah Rp. 15.000 per orang, Rp. 40.000 untuk sepeda motor dan untuk mobil sekitar Rp. 80.000-100.000. Sekitar 2 jam kita sudah sampai ke pulau Saparua, jangan takut bosan karena sepanjang perjalanan mata kita akan disuguhkan lanskap lanskap pulau pulau sekitar seperti; pulau Pombo, Pulau Haruku dan Pulau Seram.
  2. Menggunakan kapal cepat dari pelabuhan Tulehu ke pelabuhan Haria Saparua (lihat peta; Garis Biru). Kalo yang satu ini bisa dibilang agak mewah dan merogok kocek yang cukup dalam. Tiket kapal cepat ini harganya sekitar Rp. 100.00 sampai 200.000 per orang dengan jarak tempuh lebih cepat kurang lebih 1 jam.
  3. Menggunakan kapal kayu dari Pelabuhan Tulehu ke Pelabuhan Haria, Saparua (lihat peta; Garis Kuning). Akses yang satu ini sangat cocok untuk para backpacker. Karena dengan harga tiket seharga Rp. 30.000 kita sudah sampai di Pulau Saparua tapi dengan waktu yang cukup lama sekitar 2 jam lebih.
  4. Yang terakhir ini bisa dibilang merupakan pilihan terakhir kalau kalau trasportasi 1,2 dan 3 tidak ada yaitu menggunakan Speed Boat dari Pelabuhan Speed Boat Tulehu (lihat peta; Garis Kuning). Transportasi yang satu ini leboh cocok untuk menguji adrenalin, karena sepanjang jalan nanti kita akan menghadapi cobaan yang cukup menakutkan yaitu ombak. Saya yakin sepanjang perjalanan kita akan semakin dekat dengan yang di atas. Haha (becanda, berdasarkan pengalaman pribadi berdoa sepenjang perjalanan). Untuk  tarif bisa dibilang cukup mahal sekitar Rp. 500.000 sampai Rp. 700.000 tergantung besarnya speed boat yang kita gunakan dan lebih baiknya kalo kita pergi dengan rombongan biar bisa patungan.  
Berikut beberapa foto tempat wisata yang mungkin akan anda kunjungi di pulau Saparua;
Pantai Kulur
Goa Tujuh Putri
Pantai Duurstede
Benteng Duurstede
Pantai Motoni, Negeri Ouw
Rumah adat Maluku; Baileo
Ayo ke Maluku

1 komentar:

  1. Selamat Siang kalau bwk motor ke Saparua apa nama kapalnya mas

    BalasHapus