Head

Breaking News

Fenomena “Banjir” Durian di Kota Ambon

Fokus ke objeknya (Becak) tp yg dipinggir jalan lebih menggoda
Akhir akhir ini ada aroma yg berbeda tercium di sepanjang jalanan kota Ambon, yg pasti bukan aroma busuk.Setelah dicari dan ditelusuri asal dari aroma tersebut *aish bahasanya*, ternyata aroma menyengat tersebut berasal dari ratusan buah durian yg berjejeran rapi di pinggir jalan.

Ya, kota Ambon sekarang sedang “dibanjiri” oleh durian. Kebanyakan durian durian yg dijajakan berasal dari luar pulau Ambon seperti dari pulau Seram dan Saparua kata salah satu penjual. Benar saja, karena menurut teman teman saya yg punya (dusun) pohon durian di sekitar pulau Ambon seperti Lilibooi, Ema, Alang dll belum ada tanda tanda durian jatuh disana.

Perlu diketahui pohon durian di Ambon atau bisa dibilang di Maluku, pembudidayaannya memang berbeda dengan di daerah daerah lain. Kalau di daerah lain biasanya pohon durian ditanam secara perkebunan sehingga pohonnya juga tidak terlalu besar jadi pas waktu panen bisa dipetik. Di Ambon biasanya pohon durian ditanam dihutan, dan ukuran pohonnyapun sangat besar sehingga saat panen pohon tidak bisa dipanjat. Dan biasanya ketika sudah musim disini, orang orang sering menunggu hingga buah durian itu pun jatuh sendiri basru bisa dibawa pulang.
Lokasi di Pantai Losari, Mardika Ambon

Tidak ada komentar