Head

Breaking News

Ampayain Beach; Hidden Paradise in Maluku Tenggara Barat

Pantai Ampayain
Maluku memang sangat terkenal akan wisata baharinya. Kalo di kota Ambon kita sudah tau kalo Pantai Natsepa merupakan andalan wisata bahari disana dan di Kabupaten Maluku Tenggara kita tahu ada Pantai Ngurbloat atau Pantai Pasir Panjang yang terkenal dengan garis pantai yang panjang dan pasir putihnya yang sangat halus.

Tapi di Maluku bukan cuma itu saja yang keren tempatnya. Banyak sekali tempat tempat keren dan menarik di sini termasuk wisata baharinya. Tahun lalu ketika melakukan perjalanan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, saya tidak banyak menemukan wisata bahari disana. Di kabupaten yang beribukota Sumlaki ini wisata budayanya lebih kental daripada wisata bahari. Selama disana saya cuma mendengar ada dua pantai yang sering menjadi tujuan wisata bahari disana yaitu Pantai Weluan dan Pantai Pertamina.

Tahun ini saya berkesempatan untuk melakukan perjalanan yang kedua kalinya disana. Seperti perjalanan yang pertama saya dan dua teman saya stay di desa Wowonda. Sebelumnya saya sempat sedit menulis tentang desa ini => Desa Wowonda.

Di perjalanan kali ini kami berkempatan untuk mengeksplore lebih jauh daerah daerah di kabupaten Maluku Tenggara Barat tak terkecuali di desa Wowonda. Sekilas pesisir pantai desa ini dipenuhi oleh batu batu karang yang bertebaran dimana mana sehingga mustahil rasanya dapat menemukan pantai dengan pasir putih di sana.

Sehari sebelum kami meninggalkan kabupaten ini kami menyempatkan dir untuk berjalan di pesisir pantai desa Wowonda untuk melihat goa goa di tebing pantai. Setelah dari goa goa tersebut kami menyusuri berjalan disebelah utara dan sampai lah kami di sebuah pantai kecil, berpasir putih dan ditemani batu batu karang raksasa di kanan dan kiri pantai.

Pantai Ampayain, nama pantai tersebut yang dinamai oleh masyarakat setempat. Pantai ini masih jarang didatangi oleh masyarakat setempat apalagi wisatawan dari luar daerah. Pasir di pantai ini tidak terlalu halus dan pasirnya pun sangat pendek. Yang istimewa dari pantai ini adalah batu batu karang raksasa yang ada disekitar pantai. Kalo di Bangka Belitung punya pantai dengan batu batu besar disekitarnya maka Maluku juga punya, bedanya cuma jenis batunya saja. Batu batu di pantai Ampayain ini sangat tajam jadi pengunjung harus menggunakan alas kaki untuk naik keatasnya.
Hutan Bakau di Pesisir Desa Wowonda


Tidak ada komentar